Minggu, 28 September 2008

Quality Management

Definisi Quality Management

Quality Management (QM) merupakan suatu karakteristik atau atribut dalam pemrograman maupun dalam suatu organisasi yang memiliki acuan pada suatu karakteristik yang bisa dilakukan suatu pengukuran, di dalamnya terlibat beberapa material seperti LOC dan kompleksitas.

Implementasi QM

Studi kasus pada IBM :

IBM melakukan pendekatan dalam sistem kerja yaitu dengan quality management yang dimulai dengan vision of continues, comprehensive, collaborative system, project metric dan juga track qulaity yang digunakan sebagai acuan dasar untuk memfasilitasi segala perubahan dalam perusahaan yang mana perubahan tersebut mengikuti perkembangan pasar, perkembangna teknologi dan kebutuhan dari pelanggan itu sendiri.

Untuk mengatasi hal tersebut diatas maka IBM menerapkan beberapa langkah, langkah- langkah tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. IBM Rational RequisitePro di desain untuk requirements management.

2. IBM Rational ClearCase digunakan untuk perubahan dan konfigurasi management. Yang mana menyediakan berbagai kendali dan mendukung pengembangan secara parallel untuk meningkatkan produktivitas.

3. IBM Rational ClearQuest dugunakan untuk menguatkan tracking yang sejalan dengan test management, dimana dapat membantu customer untuk mengetahui perkembangan yang dilakukan oleh IBM dalam semua fase quality management lifecycle.

4. IBM Rational Functional Tester digunakan untuk testing fungsi – fungsi secara otomatis dan testing regresi.

5. IBM Rational Purify and PurifyPlus adalah solusi berbasis analisis yang membantu dalam debugging dan membantu para programmer dalam membuat coding yang lebih baik dan efisien.

6. IBM Rational Manual Tester adalah suatu tes yang digunakan untuk menguji suatu program atau produk secara manual yang sehingga produk tersebut lebih cepat, tepat dan reliable.

7. IBM Rational Performance Tester digunakan untuk mengetaui waktu respond an skalabilitas dibawah semua kondisi sehingga performa produk tersebut dapat berjalan dengan baik pada semua situasi dan kondisi.

8. IBM Rational Robot adalah suatu test otomatisasi produk untuk kebutuhan apliaksi client-server.

Selain langkah – langkah diatas makan IBM juga mengembangkan proses dan management tools dan metodelogi untuk memfasilitasi implementasi yang tadi telah dijalankan.IBM juga menerapakan RUP (Rational Unified Process) adalah suatu framework yang menyediakan pelatihan terbaik untuk pengembangan software dan management proyek.


Sender :

user : B.Kristianto Purwoko Adi

ID : 22.04.3523


References:

1. Adopting A Lifecycle Approach To Software Quality Management,Marcia Kaufman & Robert Dorin (Senior Analyst).

2. http://www.google.com

3.http://www.yahoo.com

Tidak ada komentar: