Kamis, 18 Desember 2008

Quality Manajemen

DEFINISI
Quality manajemen adalah suatu usaha untuk meningkatkan kualitas dari sebuah produk yang sedang dikerjakan dengan melalui beberapa tahapan proses, prosedur, dan pengukuran. Quality manejemen bertujuan untuk menciptakan sebuah produk yang berkualitas dan teruji hal ini berlaku pada sebuah pembentukan software maupun sebuah organisasi.

IMPLEMENTASI
Salah satu implementasi yang ada mengenai quality manajemen adalah pada studi kasus di Universitas Pretoria, Afrika Selatan. Universitas tersebut menjalankan quality manajemen yang mendukung e-learning.
1. Latar belakang studi kasus
Pada universitas tersebut terdapat lembaga Education Inovation (EI) yang bertanggung jawab mendukung belajar dan mengajar, pengembangan staff akademi, dan inovasi pendidikan. Pada lembaga ini juga terdapat unit e-education yang menyediakan support untuk pengembangan dan pelatihan mengarah ke project e-learning.
2. Statement permasalahan
Sesuai permintaan pada instruksi tim desain pada lembaga tersebut pendekatan secara sistematis dibutuhkan dalam terminologi pada pengaturan project e-learning pada tiap tahapnya. Mereka menginialisasi untuk menggunakan proposal standar project untuk mendorong e-learning project. Pada kasus ini usaha untuk menormalisasi e-learning quality manajement dalam sebuah institusi pendidikan tingkat tinggi di beri nama:
• Formalisasi instruksional design model yang digunakan
• Dokumentasi siklus project dari e-learning
• Pendekatan ISO 9000-cognisant oleh sebual formal implementasi, proses secara langsung berdasarkan Quality Manajemen System (QMS)
3. Roles and responsibilities
Aturan main pada e-;earning dibagi dalam 3 kelompok: stakeholders, client, dan practicioners. Mereka sebagai kunci individu yang mendukung, mengkntribusi, atau menggunakan produk e-learning dan mempe;ajarinya.



Hubungan langsung clients pada e-learning adalah staff akademis atau pengajar yang berharap dapat mengadopsi EI dalam meningkatkan material e-learning.sedangkan client students merupakan pemakai.
4. Budget
Pengaturan keuangan juga dibutuhkan dalam manajemn proyek ini karena pada poject tersebut juga memberikan dukungan servis sepert gambar, photografi, dan video yang dapat digunakan seperti pemakaian CD, kaset video, dan DVD. Tentunya hal tersebut membutuhkan dana. Oleh karena itu diperlukam estimasi biaya yang dikeluarkan dalam projek tersebut.


5. Instructional design model
Anggota e-learning telah melakukan konsultasi untuk mengikuti instruksional design model. Setelah melakukan konsultasi mengenai literature yangf ada maka Analysis, design, development, implementation, dan evaluation akan digunakan dalam project e-learning. Hal tersebut sesuai dengan tipikal siklus hidup dari project manajement model dan model dari proses dasar quality manajement system dari ISO 9000
Analysis, design, development, implementation, dan evaluation digunakan dalam project tersebut. Hal tersebut merupakan bagiandari model, di mana model tersebut diadaptasi untuk membentuk timeline project yang terdapat pada gambar di bawah ini, di mana terdapat procedural yang terdiri dari beberapa langkah.



6. Deliverables
Merupakan pengiriman materi dimana sebagai hasil dari pendekatan formal quality Management untuk project e-learning. Antara lain:
• Design toolkit instruksi yang terdiri dari:
o Project timeline
o Servis web support dan multimedia support.
o Aturan dan pertanggungjawaban dokumen
o Permintaan minimum untuk pelatihan web pendukung dan produk multimedia
• Pendokumentasian procedur yang lengkap berdasarkan apa yang ada.
• Online QMS yang digabungkan dengan prosedur, model, dan siagram, dan dokumentasi pendukung seperti kebijakan, form dan ceklist.

7. Process followed
Tugas tim terdiri atas manajer proyek dan desainer instruksi yang dibentuk menjadi pencetus ide dasar dan mendokumentasi setiap prosedur dalam timeline project. Tugas tersebut adalah sebuah metodologi yang diterima untuk membangun quality managemen dan monitoring system.



Daftar Pustaka
Fresen, Jill and Lesley Boyd.”Quality Manajement in e-learning support unit: A case study at the University of Protiria, South Africa”.Department of education innovation, University of Pretoria. South Africa

Sender : Mulyo Adhi Sudarsono
Sender ID : 22 04 3470

1 komentar:

sakuranaifeh mengatakan...

Harrah's Reno Casino & Hotel - MapYRO
Harrah's Reno 울산광역 출장안마 Casino & Hotel is Reno's largest 양산 출장안마 hotel 서울특별 출장안마 and casino. Enjoy a stay at Harrah's Reno Casino & Hotel, including 용인 출장마사지 fully refundable rates with free 동두천 출장마사지