Kamis, 18 Desember 2008

SOFTWARE MEASUREMENT

Pengukuran
Adalah suatu aktivitas yang dilakukan untuk mendapat suatu nilai. Nilai-nilai itu nantinya dapat digunkan untuk memperkirakan secara lebih akurat dan meningkatkan kualitas dari apa yang ingin kita lakukan (dalam kasus kita adalah software). “We can’t control what we can’t measure ”.
Software Measurement
Berarti kita mengukur suatu project yang kita rancang agar bisa mendapat suatu nilai(metric) yang bisa digunakan. Menurut IEEE metric adalah “ukuran kuantitatif dari tingkat dimana sebuah system, komponen atau proses memiliki atribut tertentu”.
Keuntungan dari SM :
● Keakuratan dalam memperkirakan
● Deteksi resiko dini
● Perencanaan yang lebih baik
● Penggunaan nilai untuk masa depan
● Evaluasi
Yang diukur :
● biaya per code (Function points)
● jumlah kesalahan (KLOC)
● Waktu perbaikan
● Ukuran Software
● Tenaga kerja
● Kompleksitas Software
● Biaya Software

Tetapi bagaimana kita tahu kalau pengukuran kita sudah benar ?
Kita bisa menerapkan GQM :
- Goal : Hasil akhir project yang sesuai dengan yang diinginkan client.
- Question : Seberapa beasar project melenceng dari keinginan client.
- Metric : Jumlah yang melenceng.

Kapan kita mulai mengukur :
- Lebih cepat lebih baik.
- Semakin lama semakin besar resiko dan biayanya.

CONTOH KASUS


Paper ini merupakan laporan penerapan pengukuran menggunakan ISO/IEC15939 [5] dan memeriksa bagaimana pengukur menyediakan pandangan baru kedalam organisasi pengembang program. Tujuan utamanya dari pengukuran adalah untuk membantu teknisi TI departemen mendemokan biaya kefektifan dan keuntungan yang diterima dengan membangun ulang aplikasi raksasa (~14.000 fps) dalam jangka waktu 4 tahun. Bagaimanapun juga proses dari kerja dasar, mengumpulkan dan menganalisa dari mengukur telah menambah hal berharga kepad departemen pengmbang, sehingga penigkatan produksi dan kualitas yang signifikan menjadi disadari. Pandangan ini telah merubah cara manjer proyek dalam merencanakan dan memperkirakan perubahan permintaan, laporan, dan arah focus pengembangan. Hasil pengukuran menyediakan jalur utama untuk proses kemajuan yang dibutuhkan.
Paper ini mengamati kuci sukses dari program pengukuran ini yang telah efektif da berkembang selama 2 tahun dan bagaimana manager senior memutuskan berdasarkan pada hasil.
Total Metrics adalah sebuah konsultan metric yang telah membantu banyak pelanggan untuk menerapkan program pengukur selama lebih dari 13 tahun. Walaupun kami telah mengalami banyak kegagalan juga paper ini merupakansalah satu keberhasilan dan pembelajaran untuk mengetahui mengapa banyak pengukuran gagal dan banyak juga yang berhasil.
Paper ini berdasarkan kepada keberhasilan di departemen pemerintahan australia dengan mempekerjakan 60 orang untuk meningkatkan, merawat, dan mendukung aplikasi raksasa mereka “Asset Licensing and Registration System” (ALRS) ~14.000fps. Sistem ARLS menyediakan system pendapatan yang signifikan pada department dan dibutuhkan oleh bisnis agar tetap menguntungkan dan mempunyai daya saing.

Tahun 2004, management memutusan untuk mengganti Cool:GEN applikasi tahun 1992 mereka, tetapi menyadari resiko tinggi dari kegagalan proyek, mereka memutuskan untuk membangun ulang aplikasi komponen demi komponen daripada merubah semua secara total. Karena ingin meraih keuntungan dari penedekatan ini, merkea memutuskan untuk tetap menggunakan dasar dari lingkungan mereka dan mengawasinya selama lebih dari 4 tahun periode.
Akhir 2004, department memakai jasa Total Metrics dalam membangun pengukuran yang dapat mendukung prduktivitas dan kualitas dari pengembangan ALRS merekap.

Dalam hal ini Total Metric mengikuti proses yang di anjurakan ISO standard ISO/IEC15939: [5]



2 Menerapkan Program Pengukuran

2.1. Membangun dan menjaga pengukuran dan perjanjian pengaturan
Tugas utama dari pengukuran adalah untuk menghitung jumlah produktifitas yang diharapan dan kualitas pertambahan dari kegiatan pembuatan ulang untuk mengevaluasi harga penerapan dibandingkan tawaran keuntungan pengembangan yang lebih cepat, kualitas yang lebih tinggi, harga perawatan yang lebih murah dan harga pendukung. Sudah diperkirakan bahwa produksi yang lebih tinggi dari proses pengembangan dan kualitas produk akan mempunyai efek positif langsung pada pendapatan yang didapat oleh ARLS untuk departemen.
Pelanggan menyadari bahwa keuntungan yang ditawarkan ini mungkin akan membutuhkan beberapa tahun untuk terpercaya di implementasikan kedalam “re-factoring project” yaitu program pengukuran dalam jangka 4 tahun. Mereka juga mengetahui untuk meyakinkan program pengukuran, mereka dibutuhkan untuk merespon hasil dari pengukuran dan meng-implementasikan anjuran yang ditawarkan. Semua ini adalah kunci sukses untuk jangka panjang.




2.2. Merencanakan proses pengukuran

Total Metrics bekerja sama dengan tim manager selama 4 minggu menggunakan workshop dan purwarupa untuk menganalia indicator kunci performa (KPIs) yang dibutuhkan untuk demonstrasi kemajuan jumlah keuntungan dan kelemahan dari proses pengembangan mereka. Setelah beberapa kali pengembangan, manajer setuju akan data kebutuhan , 27 metric dan 5 dasar untuk di ukur.

5 Dasar
1. Functional size setiap peningkatan program dalam laporan 3 bulan, akan diukur saat penerapan menggunakan IFPU (CFPS
2. Effort biaya perjam yang di keluarkan perhari akan diberikan kepada tim pengembang, dan juga pembayaran jika ada perbaikan dan perawatan.
3. Defects found penganalisaan dan perbaikan untuk sebelum dan sesudah proyek selesai
4. Full Time Equivalents (FTE) – ukuran untuk pekerja yang bekerja selama 40 jam seminggu.


2.3. Pelaksanaan

2.3.1. membangun dasar

Aslinya dari ARLS, di dapat 10.455 UFPS. Maka digunakan SCOPE untuk mengembangakan ARLS menjadi 8 bagian dan 1600 proses dasar untuk memberikan ruang kerja yang bisa dengan mudah menghitung dan memetakan perubahan dalam system. Karena hal ini ukuran baseline menjadi 14,009 fps. Hal ini memakan waktu 33 hari kerja dan 8 minggu konsultasi
2.3.2. Pengukuran
setelah membangun garis dasar kemudian dilakukan pemngambilan laporan setiap ada peningkatan dan dilakukan perbandingan antara produksi dan kualitas.
Biaya, lama waktu, dan error di kumpulkan juga sebagai bagian dari pengukuran.
FP tiap project :
• ‘approximated untuk membantu menghitung ukuran dan biaya penerapan
• ‘measured untuk hal yang telah di hitung.
Hal ini otomatis di update seiring perubahan dalam system.
Mengukur perkiraan FP (846 fps) untuk dikerjakan setiap hari memakan waktu 5 hari kerja dan konsultasi selama 3 bulan.

2.3.3. Analisa

Terdapat 42 kemajuan yang di alami dari 8 laporan selama 2 tahun periode. Laporan lengkap keseulruhan dari data mentah menjadi utuh kami kerjakan menggunakan MS Exels. Proses pelaporan ini memakan waksu 5 hari kerja dan 6 bulan konsultasi.

2.3.4 Laporan
Setiap 3 bulan sekali di adakan pelaporan untuk emngetahui perkembangan dan seberapa jauh program tidak sesuai dengan keinginan. Laporan itu berisi hasil data dari system yang mengindikasikan kekuatan dan kelemahan dari system. Selain itu hasil laporan dapat figunakan untuk meningkatkan lagi kerja system. Menghasilkan laporan (110 halaman, 50 gambar dan tabel) memakan waktu 12-15 hari dan 6 bulan konsultasi tiap bab.

3. kesimpulan
Pengukuran membuat organisasi ini untuk focus kepada proses mereka untuk meningkatkan keuntungan ke maksimal dari produksi dalam pengembangan yang telah mereka lakukan. Hal ini terihat dari hasil mereka yang lebih cepat dan murah tapi tetap berkualitas.
Total Metrics bekerja dengan banyak organisasi yang menyadari bahwa dengan pengukuran yang berkualitas maka dapat memberikan hasil yang luar biasa tap tidak punya waktu, SDM, dan uang untuk melakukan hal pengukuran tersebut melaluai jalur yang formal. Kami mementingkan kepuasan pelanggan dengan memberikan hasil yang optimal dengan modal yang tidak terlalu besar. Dan program yang kami tawarkan berupa program jangka panjang.

Referensi :
Pam Morris (BSc.Grad Dip Comp.Dip Ed, CFPS, CSMS (Level 3))
CEO Total Metrics Australia.
WWW.totalmetrics.com
Pam.Morris@Totalmetrics.com


http://www.totalmetrics.com/

http://www.isbsg.org/html/terminol.html

http://www.isbsg.org

Sender : Rio Caesar
Sender ID : 22 06 4142

Tidak ada komentar: